-----------------------

Wednesday, October 8, 2014

Pengetahuan Dasar Joran Pancing




Joran / /Rod/ adalah alat yang digunakan oleh pemancing untuk
mengarahkan atau mengajar ikan. Joran modern selalu terdiri dari tangkai
joran (/rod blank / body/), yang dilengkapi dengan penahan joran (/rod
butt/ / gimbal), dudukan penggulung (/reel seat/), pegangan joran (/rod
grip / handle/) dan beberapa penuntun senar (/line guide/) berbentuk
cincin atau roda. Tidak ada satu joran yang dapat dipakai / cocok pada
semua jenis pemancingan, maka dari itu dibuatlah berbagai macam jenis
alat-alat pancing.


Semua joran mempunyai tulang belakang (/Back Bone/ / bagian yang paling
tebal), tetapi tidak semua joran sama letak persisnya /back bone/. Cara
mencarinya dengan diberikan beban pada joran yang masih belum dipasang
cincin. Tempat dimana lebih terbeban merupakan tempat dimana diaerah
sebelah atasnya terletak back bone joran tersebut. Biasanya bagian joran
yang memiliki /back bone/ lebih tebal dibandingkan dengan tempat
lainnya. Back bone berguna untuk membuat joran supaya tidak melintir
apabila terbebani. Maka dari itulah back bone sangat penting untuk joran
yang digunakan di laut / memancing dengan cara trolling. Karena
pembuatannya memakan waktu lama dan biaya yang besar maka pada umumnya
joran kelas menengah ke atas harganya relatif lebih mahal.

 


Bagian Joran Dan Bahan Bakunya

Tangkai / Blank / Body
Tangkai atau body adalah suatu batang joran dari ujung atas sampai ke
ujung bawah, termasuk juga tempat dudukan dari penuntun senar (line
guide). Bahannya terdiri dari : Fiberglass, Mix carbon (campuran antara
fiberglass dan carbon) dan High Carbon.

Penuntun Senar / Line Guide
Berfungsi sebagai tempat jalannya senar. Bahannya terbuat dari kawat,
metal, plastik dan keramik. Bahan keramik lebih disukai karena
permukaannya licin sehingga lebih tahan terhadap gesekan senar dan senar
pun tidak mudah putus / berserabut. Bahan keramik kualitas baik seperti
SIC / Silicone Carbide (standar untuk joran non trolling) keluran dari
pabrik Jepang, sedangkan AFTCO (standar untuk joran trolling) keluaran
dari Amerika.

Dudukan Ril / Reel Seat
Sebagai tempat ril dipasang. Bahannya terdiri dari : Plastik, Graphite
(seperti plastik tetapi lebih padat dan kuat), Aluminium dan Stainless.

Gagang / Grip / Handle
Merupakan pegangan dari tangkai joran. Biasanya dibentuk agar nyaman
untuk dipegang. Bahnnya terbuat dari : Kayu, Plastik, Gabus, Busa, Karet
dan Aluminium.


Bahan-Bahan Pembuat Joran

Fiberglass
dibagi menjadi 2 model yaitu padat dan berongga. /Joran
fiberglass padat/ sangat kuat tetapi joran menjadi lebih berat dan
kurang bagus aksi-reaksinya, sehingga hanya cocok untuk dibuat menjadi
tangkai joran yang kecil. Sedangkan /Joran fiberglass berongga/ juga
kuat dan lebih ringan, kekuatan joran fiberglass ini tergantung dari
tebal / tipisnya bahan fiber yang digunakan. Joran dengan bahan fuber
ini tidak mudah patah, sehingga tidak memerlukan perawatan yang khusus.
Fiberglass yang berwarna kuning biasanya buatan Korea dengan menggunakan
resin fiberglass, sedangkan yang berwarna hitam buatan RRC dengan
menggunakan resin carbon.

High Carbon
Joran high carbon ini mampu bereaksi dengan cepat karena
sifatnya kaku dan ringan. Bahan carbon berupa serbuk carbon, jadi tidak
mungkin tangkai joran dibuat dari /full/ carbon. Tetapi harus ada
kombinasi campuran bahan fiberglassnya, joran yang terbuat dari bahan
/High Carbon/ ini juga membutuhkan perwatan yang khusus karena joram
mudah sekali tergores sehingga bisa merusak penampilan joran itu
sendiri. Dari bentuk fisiknya bahan carbon ini sangat halus.

Mix Carbon
bisa juga disebut komposit yaitu campuran dua atau lebih
bahan modern pembuat tangkai joran. Biasanya komposisi bahannya terdiri
dari fiber dan carbon /(graphite) /dan masih banyak lagi variasinya.
Tujuan dari pencampuran ini adalah agar sifat keunggulan dari
masing-masing bahan dapat dimaksimalkan. Pada saat ini hampir semua
pabrik telah memakai mix carbon sebagai bahan baku tangkai joran,
semakin tinggi kadar carbonnya semakin kaku dan mahal harga joran tersebut.

Pada umumnya tidak semua pabrik pembuat joran menyatakan persentase
kandungan bahan campurannya secara jujur. Pembuat joran biasanya hanya
menyebutkan carbon/graphite tanpa memperdulikan benar-benar carbon atau
fiber carbon. Bahan dasar keduanya memang sama-sama carbon, namun teknik
pembuatan sesungguhnya berbeda. Carbon/graphite lebih ringan dan
mempunyai reaksi yang jauh lebih cepat ketimbang fiberglass. Itulah
sebabnya bagi pemancing yang memerlukan kekuatan dan ketepatan lemparan
kail, seperti mancing ala casting, joran ini lebih disukai. Biasanya
joran ini harganya relative tinggi dan juga mudah patah, sehingga
memerlukan perlakuan yang lebih hati-hati dibandingkan dengan joran
fiberglass.