-----------------------

Wednesday, October 24, 2018

Cara memancing kakap putih dengan umpan udang hidup


berbagi tips untuk para mania yang ingin mencoba menaklukkan si kakap putih. Diawali dengan cara mengikat mata kail.
Ikat mata kail dengan cara pelintiran sekitar 15-20 cm. Tusukkan mata kail pada sisi ruas ekor udang sampai tembus ke samping. Tidak perlu diberi pemberat kecuali mancing di rumpon atau kondisi arus agak deras baru boleh diberi timah lipat sedikit saja.


Kalau mancing ikan kakap putih pakai reel maka pagar reel (bail arm) harus selalu dibuka. Butuh kenur yang terus terulur bebas mengikuti gerakan renang udang. Atur kenur keluar dengan menggunakan jari. Akan lebih mudah jika menggunakan kelosan/bendrong.

Berhati-hatilah dalam menekan keluarnya kenur. Karakter ikan kakap putih saat menyambar udang biasanya langsung dibawa lari, tapi udang masih dijepit di bibir olek kakap putih dengan posisi kepala di dalam mulut. Kalau saat sambaran pertama kenur sedikit tersendat oleh jari, udang ini akan langsung dilepaskan oleh kakap putih, dan jika ini terjadi gantilah udang tersebut dengan udang baru.

Saat kakap putih pertama kali menyambar udang, pedang udang itu akan dipatahkan si kakap putih. Menurut pengalaman kakap putih tidak tertarik lagi menyambar udang dengan pedang patah.

Jadi teknik untuk mancing kakap putih yaitu ulurlah saat sambaran pertama dari kakap putih. Sebentar kemudian, uluran akan berhenti. Kakap putih berhenti untuk memasukkan seluruh udang ke dalam mulutnya/mengunyah.

Saat ini kita dengan sangat pelan-pelan menggulung kenur biar tidak terlalu kendur. Setelah udang masuk ke mulut kakap putih, Kakap putih akan berjalan lagi. Saat inilah yang tepat buat gentak joran.

Mancing kakap putih dengan menggunakan minnow. Pilihlah minnow jenis deep diver berbody slim. Biasanya minnow untuk kakap putih bentuknya sedikit  melengkung kebawah seperti udang.

1 comment:

Post a Comment