-----------------------

Monday, October 22, 2018

Panduan Cara Mancing Ikan Patin


Salam para mania nusantara. Patin adalah jenis ikan yang bermain di dasar. Jadi cara mancing patin bisa para mania lakukan dengan menggunakan pelampung atau dengan mancing dasar. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika para mania mau mancing dengan menggunakan pelampung, antara lain :

Settingan pancing harus dibuat agar mata kail ada di bawah pemberat.Settingan pelampung harus disesuaikan dengan kedalaman air agar umpan tetap sampai ke dasarJangan menggunakan senar yang terlalu besarSetelah melempar umpan buat agar senar sedikit kendur atau tidak terlalu kencang

Patin biasnya akan menyambar umpan dan langsung menariknya dengan cepat. Kalau senar terlalu kencang bisa menyebabkan joran terpental dan terbawa oleh ikan. Saran MM jangan melamun ketika sedang mancing ikan patin kalau tidak mau kehilangan joran pancing para mania. Perhatian kita harus tetap fokus pada setiap pergerakan yang terjadi dengan pelampung itu sendiri.

Ada satu lagi cara mancing patin dengan pelampung yaitu membuat posisi umpan ada di permukaan. Karena biasanya pada saat pagi hari patin banyak juga bermain di permukaan air. Ini adalah cara berburu ikan yang sedang bermain di atas, ini hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang mancing patin di danau.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk sukses mengangkat patin adalah :

Gunakan pelampung yang besar kira-kira sebesar ibu jari kakiPasang pelampung di ujung senarPasang mata kail di atas pelampungLalu pasang pemberat yang tidak terlalu besar di bagian paling atasSebaiknya gunakan pemberat jenis anting tapi yang kecil. Tujuanya agar pemberat tidak membebani pelampung

Teknik ini biasanya digunakan untuk kawanan ikan yang sedang ada di permukaan atau ikan kawanan. Umumnya patin akan menyambar umpan yang ada di permukaan.

Teknik yang kedua adalah mancing dasar atau glosor. Teknik ini tidak seperti menggunakan pelampung karena kita bisa menyetting mata kail ada di atas atau di bawah pemberat.

Hal yang harus diperhatikan adalah ukuran senar dan juga setingan dragjangan terlalu kencang. Ukuran senar sebaiknya jangan terlalu besar karena pada saat mendapat strike biasanya patin tidak terlalu agresif. Saat mulai dekat barulah patin mulai memberikan perlawanan. Itulah sebabnya saran dari MM,  jangan memasang settingan dragterlalu kencang karena bisa menyebabkan senar putus saat patin mulai memberikan perlawanan. Biarkan ikan bermain dan menarik pancing sampai dia lemas.

Selamat mencoba dan salam strike.

Credited
Mancingmania.com

No comments:

Post a Comment