-----------------------

Sunday, October 28, 2018

Apakah memancing dengan PE braid harus pakai leader?


FG Knot, PR Knot dan Alberto Knot sambungan antara senar PE dengan senar mono. Sebagian mania menganggapnya sebagai ikatan yang ‘menakutkan’ namun sebagian lagi tidak mempermasalahkannya dan malah enjoy membuat ikatan tersebut.


Sebenarnya mau pakai leader atau tidak mau pakai leader semuanya sah dan pilihannya ada pada mania.

Dengan pilihan memakai leader, para mania bisa memperoleh beberapa keuntungan :

Bisa memakai PE berukuran lebih kecil sehingga memungkinkan untuk mencapai jarak lemparan yang lebih jauh.Leader FC atau Nylon di ujung senar akan mempunyai daya gesek yang lebih baik dan mampu meredam hentakan ikan.

Sedangkan kerugiannya hanya satu, yaitu melakukan ikatan itu sendiri.

Pada edisi ini kita mencoba memaparkan bagaimana cara kalkulasi senar PE supaya mania lebih memahami dan bisa memilih ukuran PE dan leader yang sesuai. Kita ambil contoh pemancing ikan Gabus. Sebagian dari mania ada yang memakai leader FC pendek.

Misalkan dengan PE2, kekuatan awalnya yang 26lb akan mengalami drop ± 25.5% apabila disambung dengan leadermenggunakan FG knot maka kekuatan efektif dari rangkaian senar adalah 19.4lb (26lb – 25.5%= 19.4lb). Sebagai catatan, pastikan kekuatan leader yang dipakai minimal memiliki kekuatan 26 lb.

Bilamana Mania memakai ikatan tanpa leader, maka mania bisa memilih membuat loop (Eight knot) ataupun mengikat langsung PE ke snap. Drop kekuatannya umumnya mencapai 50%. Untuk mendapatkan kekuatan real (nyata) yang sama, maka kekuatan PE yang dipilih harus memiliki 2x dari kekuatan efektif (19,4lb x 2 = 38,8 lb). Pilihan akan jatuh ke senar PE3 dengan kekuatan awal 39lb.

PE 2 + FG Knot (drop 23%) + Amin Knot to snap (drop 10%)PE3 + Uni Knot to snap (drop 50%)18.917.718.920.12020.419.3lbs19.4lbs

Menguasai simpul atau ikatan mancing sangat dibutuhkan oleh para mania mancing. Dengan penguasaan simpul yang baik dan pemahaman akan karakter senar seperti drop kekuatan pada ikatan, elongasi senar maka Mania bisa mempunyai pilihan yang lebih banyak. Misalkan pada spot yang baru jarak lemparan harus lebih jauh untuk strike rate yang lebih tinggi atau satu saat mania kehabisan leader saat trip, aktifitas mancing tetap bisa berjalan dengan baik.

Ilustrasi di atas hanya untuk mempermudah dalam penjelasan. Hal yang sama juga bisa diaplikasikan mancing tipe lain.

Semua pilihan ada di para mania sendiri. Mau pakai leader atau tidak pakai leader, yang terpenting have fun fishing.

1 comment:

Miliana said...

informasinya sangat menambah pengetahuan dalam memancing

berita amerika

Post a Comment