-----------------------

Tuesday, October 23, 2018

Cara membedakan jenis kelamin ikan bawal


Bawal (Collossoma macropomum) adalah jenis ikan yang berasal dari sungai Amazon, Brazil. Bawal ini sangat mirip bentuknya dengan jenis ikan piranha. Bawal mempunyai bentuk badan yang pipih dan bulat juga warna kulit yang keperak – perakan, mempunyai lubang hidung yang besar, juga warna ujung sirip berwarna merah atau kuning. Bawal ini termasuk ke dalam jenis ikan karnivora.
Sama halnya dengan ikan Piranha. Bawal biasa hidup dengan bergerombol dalam jumlah yang kecil, makanannya yaitu udang, siput, katak, dan ikan-ikan kecil. Selain itu, Bawal merupakan jenis ikan yang cukup poluper di pasar ikan konsumsi. Jenis Bawal air tawar sendiri mempunyai popularitas yang tidak kalah baiknya diantara ikan-ikan tawar lainnya.
Cara membedakan Bawal jantan dan betina pada saat masih kecil memanglah sulit. Beberapa tanda yang bisa dilihat yaitu ikan Bawal betina mempunyai tubuh yang lebih gemuk, sedangkan untuk ikan Bawal jantan selain lebih langsing, juga memiliki warna merah pada perutnya lebih menyala.
Apabila jika sudah matang gonade, perut Bawal betina akan terlihat gendut dan gerakannya pun lamban. Adapun untuk Bawal jantan selain agresif juga akan mengeluarkan cairan berwarna putih susu jika dipijat ke arah anus.
Seperti ikan lainnya, bawal pun biasanya memijah pada awal juga selama musim hujan. Di Brazil dan Venezuela, kejadian itu terjadi pada bulan Juni dan Juli. Adapun di negara-negara lainnya, bawal dapat mengikuti musim yang ada, misalnya di Indonesia kematangan gonad Bawal terjadi pada bulan Oktober sampai April.
Sebelum musim pemijahan tiba, induk yang sudah matang akan mencari tempat yang cocok untuk melakukan pemijahan. Daerah yang paling disukai adalah hulu sungai yang biasanya pada musim kemarau kering, sedangkan pada musim hujan tergenang. Daerah yang seperti ini memberikan rangsangan dalam memijah.
Pada umur dua hari setelah menetas, mulut larva akan mulai terbuka, tapi belum dapat menerima makanan dari luar tubuh, makanannya masih berupa kuning telurnya. Setelah umur empat hari, kuning yang diserap oleh tubuh sudah habis dan pada saat itulah larva akan mulai mengonsumsi makanan dari luar.
Jika diamati kebiasaan makannya, Bawal tergolong merupakan ikan yang lebih suka makan di bagian tengah perairan. Dengan kata lain, bahwa ikan Bawal bukanlah ikan yang biasa makan di dasar perairan (bottom feeder) ataupun di permukaan perairan (surface feeder).

1 comment:

Miliana said...

nice info makasih sangat membantu sekali untuk mengetahui jenis kelaminnya

berita sumut

Post a Comment