-----------------------

Tuesday, October 23, 2018

Memilih Tempat dan Waktu Yang Tepat Memancing Baronang



Ikan Baronang selain memiliki nilai jual yang tinggi,kaya akan protein dan hidangan seafood populer di Nusantara ternyata sangat ayik untuk dipancing. Namun untuk memancing ikan baronang ini diperlukan pengetahuan khusus tentang waktu dan spot yang tepat untuk berburunya. Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam mancing ikan ini ada waktu-waktu mancing tertentu,  biasanya ikan ini banyak terdapat pada bulan Agustus sampai dengan Desember.

Arus yang besar membuat ikan ini bersembunyi di dermaga dekat tiang beton karena dianggap aman dari arus. Pantai sedalam tiga meter atau lebih dan dipenuhi karang serta lumut, merupakan habitat alami ikan Baronang. Hal ini dikarenakan ikan Baronang merupakan pemakan lumut dan anak udang atau rebon.

Ada beberapa titik spot yang disukai oleh ikan Baronang diantaranya :

Dermaga, biasanya ikan Baronang senang bersembunyi dibalik tiang-tiang dermaga.Rumpon Kerang Hijau, karena Baronang memang sangat menyukai kerang.Sekitar karang/Batrean/Pemecah ombak (terutama yang banyak lumut) dan yang terakhir adalah Kapal Karam.

Untuk memancing ikan Baronang ini sangat mudah, para mania cukup menggunakan joran jenis tegek yang agak lentur dengan menggunakan mata kail yang sudah dimodifikasi yang juga dikenal dengan sebutan mata kail garong.

Sementara untuk umpannya para mania di beberapa daerah di Indonesia umum menggunakan lumut, namun tidak menutup kemungkinan para mania bisa menggunakan umapn nasi, gorengan bakwan atau potongan udang yang sudah dikupas kulitnya untuk merasakan sensasi tarikan si ikan yang di dunia memiliki nama populer rabbit fish ini. Salam strike.

2 comments:

Miliana said...

makasih jadi bisa memilih tempat dan waktu yang tepat

berita k pop

Fahzi said...

Coba ah

Post a Comment