-----------------------

Thursday, October 25, 2018

Tips cara memilih senar pancing.


Senar monofilamentdapat dijabarkan sebagai senar tunggal berpenampang bulat yang memanjang dihasilkan dengan proses extrusion(penarikan).
Senar braided adalah senar yang dihasilkan dari proses braid (kepang). Bentuk senar braided berbeda-beda. Penampang senar braided 3 yarnsberbentuk oval, senar braided 4, 6, dan 8 yarns berbentuk bulat persegi sedang senar braided 12 dan 16 yarns berbentuk hollow (seperti pipa dengan rongga ditengah).
Senar nylon yang dipasaran adalah senar berbentuk monofilament/tunggal dengan bahan nylon. Senar nylon pada awalnya mengunakan nylon 6. Pada perkembangannya muncul bahan campuran nylon copolymer (nylon 6/66) yang mempunyai karakteristik senar yang lebih unggul dibandingkan nylon 6. nylon copolymer mempunyai kekuatan knotyang lebih baik dan lebih lentur. Mayoritas senar nylon yang dipasar sekarang adalah senar nylon copolymer.
Senar fluorocarbon dipasaran adalah senar berbentuk monofilament dengan bahan poly vinylidene fluoride. Keunggulan dari senar fluorocarbonutamanya di indeks biasnya yang mendekati air sehingga diasumsikan lebih tidak terlihat didalam air.
Senar braided PE di pasaran adalah senar braided dari bahan multifilamentUHMWPE (Ultra High Molecular Weight Polyethylene).
Perbedaan utama dari ketiga jenis senar tersebut :

Perbedaan 3 jenis senar mancing
TIPS PEMILIHAN SENAR

Senar fluorocarbon umumnya direkomendasikan untuk senar leader karena samar di air dan karakter senar yang tidak berubah didalam air. Senar fluorocarbon kurang sesuai untuk dipakai sebagai senar utama (main line) karena karakternya yang kaku.
Senar nylon adalah senar yang secara umum cocok dipakai untuk segala jenis memancing (All round fishing). Senar nylon boleh dikatakan sebagai salah satu penemuan terbaik untuk senar pancing yang pernah ada. Selama puluhan tahun pemancing hanya memakai senar nylonuntuk senar utama dan senar leader.
Senar braided PE sesuai untuk pemancingan dengan uluran senar yang panjang seperti deep sea fishing, Mancing dengan castingan jauh dan trolling karena senar braided PE unggul di kekuatannya yang jauh lebih baik dan perpanjangannya yang kecil dibandingkan dengan Senar nylon.
Senar kuat jelas bermanfaat karena kita bisa memakai senar dengan ukuran lebih kecil untuk mendapatkan kekuatan yang sama. Kita bisa menggunakan reel yang lebih kecil sehingga bisa lebih menikmati momen mancing. Tenaga bisa Mania persiapkan untuk menghajar ikan saat strike.
Perpanjangan yang kecil jelas bermanfaat khususnya bila kita memakai senar panjang. Misalnya pemancingan dasar dengan uluran 150m, bila senar nylon bisa memanjang 5%, maka bisa ada uluran perpanjangan (spring effect) 7.5m. Artinya senar nylon akan mempunyai panjang antara 150 m dan 157.5 m saat ada arus sehingga senar akan kehilangan sensitifitas dan strike lebih tergantung pada sambaran ikan.
Sedangkan senar braided dengan perpanjangan 1/2% hanya akan mempunyai perpanjangan 75cm. Rentang panjang 150 m – 150,75 m sehingga senar mempunyai sensitifitas yang baik.

Perpanjangan senar nylon vs braided
Quote: “Perpanjangan pada table diatas adalah angka perpanjangan saat senar putus (perpanjangan maksimal). Perpanjangan nylon 5% dan braided ½% pada contoh perhitungan ini adalah perpanjangan normal saat senar dipakai”.
Kekurangan dari senar braided PE ialah terapung, kekuatan knot-nya yang rendah dan tidak transparan. Juga untuk situasi tertentu senar braided kurang tahan gesekan karena terbuat dari micro fibers.
Karena senar braided mempunyai sensitifitas yang tinggi, senar atau joran lebih rawan putus dan mulut ikan bisa robek saat strike. Perlu pengaturan drag reel yang sesuai.
“Bila diibaratkan dengan pisau, maka senar braided adalah pisau yang sangat tajam. Perlu pengetahuan lebih untuk mendapatkan manfaat optimal.“
Dengan kekuatan senar braided yang tinggi dan perpanjangan yang sangat rendah, perlu pemahaman dan pemakaian yang benar supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki. Selalu memutus senar braided dengan gunting, jangan memutus senar karena bisa berbahaya. Jangan sampai jari atau bagian tubuh para mania terbelit senar braided saat mancing karena senar bisa memotong jari sampai putus ataupun melukai bagian tubuh lainnya.

1 comment:

Miliana said...

oke banget tipsnya untuk memilih senar pancing

berita politik

Post a Comment