-----------------------

Sunday, May 24, 2015

Mengenal Pola Makan Ikan Kunci Sukses Memancing

Memancing dalam arti menangkap ikan sudah dikenal oleh peradaban manusia sejak zaman dahulu sekitar 10.000 tahun yang lalu. Hal ini terbukti dari peninggalan-peninggalan arkeologi pada goa-goa tua di Eropa bahwa aktifitas penangkapan ikan sudah ada sejak dulu dengan ditemukannya tulang-belulang, mata kail dan gambar serta lukisan pada zaman batu di dalam goa-goa tersebut.




Teknik menangkap ikan mulai beragam pada masa Neolithic sekitar 4.000 – 8.000 tahun yang lalu yang kemudian berkembang menjadi teknik yang lebih modern dan masih dipakai hingga saat ini. Begitu pula dengan cara pengolahan ikan hasil tangkapan, saat ini cara tersebut masih dilakukan dengan teknik yang sama misal pengawetan ikan dengan menggarami atau dengan cara pengasapan.
Memancing dulu hanya diidentikkan dengan pekerjaan para pemalas dan tidak mendapat penilaian yang obyektif. Tetapi seiring dengan berlalunya waktu, memancing akhirnya juga mendapatkan pengakuan sebagai salah satu bagian dari tradisi bangsa ini, selain sebagai sarana rekreasi, olah raga dan hobi.
Aktifitas klub dan jejaring sosial seperti facebook dan twitter telah menaikkan gengsi memancing dan dapat mengangkat aktifitas mancing menjadi lebih menarik. Bersamaan dengan adanya acara mancing di TV, maka trend dan perkembangan memancing menjadi bergulir bak bola salju. Hal ini terlihat dari perkembangan media mancing berupa majalah dan tabloid.
Pengetahuan merupakan kekuatan dalam meraih kesuksesan memancing. Rahasia Terbesar Pemancing Sukses : Mengenal Pola Makan Ikan. Pola makan ikan dapat mempengaruhi hasil pancingan anda, dengan mengetahui pola makan dari ikan sasaran anda, anda dapat menentukan bagaimana sebaiknya anda memancing, seberapa dalam anda harus memasang umpan sehingga anda bisa merencanakan pemancingan dengan lebih baik.
Pengetahuan dan kemampuan pemancing sangat penting dalam menentukan sukses atau tidaknya memancing. Setelah mengetahui pola makan ikan target, pemancing dapat menentukan teknik apa yang akan digunakan, umpan seprti apa yang diberikan, dan hal-hal lainnya.

Pola Makan Ikan

Klasifikasi pola makan ikan berdasarkan tempat :
  • Ikan perairan demersal, ikan ini banyak beraktivitas pada dasar kolam atau perairan. Contoh ikannya ikan Keli, ikan Patin
  • Ikan perairan tengah, banyak beraktivitas di dasar dan tengah perairan dan hanya sesekali mengapung di permukaan untuk mencari makan. Contoh ikannya : Ikan Mas, Ikan Bawal
  • Ikan permukaan atau pelagis, yakni ikan yang paling banyak beraktivitas di permukaan air dan sesekali ke tengah perairan. Contohnya : ikan Nila, ikan Gurami, ikan Mujair
  • Ikan Menempel : yakni ikan yang memakan lumut yang menempel pada substrat benda di dalam air. Dan biasanya berada di dasar perairan contoh : ikan pembersih kaca, ikan Nilem
Klasifikasi pola makan berdasar waktu:
  • Ikan yang beraktivitas pada siang hari. Yakni ikan Mas, ikan Nila, ikan Bawal, ikan Gurami, ikan Mujair
  • Ikan yang beraktivitas pada malam hari (nocturnal). Jenis ikan ini paling banyak beraktivitas/aktif pada waktu malam yaitu ikan Keli dan ikan Patin.
Klasifikasi pola makan berdasar jenis makanan :
  • Ikan pemakan daging (carnivora) : ikan Keli dan ikan Gabus
  • Ikan pemakan tumbuhan (Herbivora) : ikan Gurami, ikan Tawes
  • Ikan pemakan segala (Omnivora) : jenis pemakan tumbuhan dan juga berbagai macam hewan dan serangga seperti laron, kroto dll. Contoh : ikan Mas , ikan Mujair, ikan Nila
  • Ikan pemakan plankton (plankton feeder), contoh : ikan Sepat
Dengan memahami pola makan ikan, akan meningkatkan kemungkinan kesuksesan dalam memancing. Selain itu keahlian dan pengetahuan pemancing juga sangat berpengaruh bagi kesuksesan memancing.