-----------------------

Sunday, June 21, 2015

Sensasi Memancing Ikan Kiper





Lautan Indonesia memang kaya akan Satwa Aquatic, mulai di perairan dalam sampai di perairan dangkal, tidak hanya itu di pesisir pantai dan Rawa Bakau juga menjadi surga bagi sebagian jenis ikan salah satunya yang sering di jumpai adalah Ikan Kiper atau Ikan Lantang-lantang.

Ikan Kiper atau Spotted Scat Fish adalah ikan dari family Scatophagidae yang bernama Ilmiah Scatophagus Argus, Ikan yang mempunyai duri-duri tajam dan berwarna tutul ini di kenal memiliki kebiasaan yang sama dengan Ikan dari family Siganidae yaitu Baronang (Signus sp) banyak yang menyebutkan Ikan Kiper dan Ikan Baronang adalah ikan Herbivora (pemakan tanaman) namun pada kenyataanya kedua ikan tersebut juga memakan apapun tak terkecuali Daging ikan lain.

Ikan Kiper juga termasuk ikan Konsumsi yang populer, selain memiliki daging yang empuk rasanyapun tidak kalah gurih dengan ikan lainya, Ikan kiper dan Baronang juga merupakan ikan buruan bagi para pemancing, gerakanya yang cepat dengan sedikit perlawanan yang kuat untuk ukuran ikan bakau, ikan kiper dapat memberi sensasi Strike yang di rindukan bagi para pemancing.

Memancing Ikan Kiper maupun Baronang sebenarnya cukup mudah siapkan Joran/Stick pancing berjenis Tegek (joran tanpa Reel sheat) yang memakai pelampung kecil dengan jarak 50cm dari kail atau Joran Spinning (Joran lengkap dengan Reel sheat) dengan rangkaian pancing dasar tanpa pelampung, untuk ukuran Kenur/senar max 4-6mm dengan kekuatan 10lbs atau 5kg.

Umpan memancing Ikan Kiper dan Baronang bisa menggunakan lumut laut namun bukan hanya itu umpan yang umum di gunakan para pemancing, mengingat Ikan Kiper juga dapat di katakan sebagai Ikan Omnivora umpan seperti udang, irisan daging ikan, Cacing, daging Kepiting ternyata juga cukup ampuh untuk menjadi umpan memancing ikan berduri ini.

Untuk lokasi pemancingan tidak perlu susah mencari, karna Ikan Kiper dan Baronang mudah di jumpai di area Pertambakan, Dermaga pelabuhan dan Muara atau Lautan yang dangkal. (4ndysw4n)