-----------------------

Sunday, September 21, 2014

Teknik Dasar Mancing Jigging

 Teknik jigging merupakan perpaduan antara hobi memancing dan olah raga oleh sebab itu sering di sebut sport fishing. Kenapa di sebut olah raga, karena teknik jigging memerlukan stamina yang memadai dari angler itu sendiri. Teknik tersebut menggunakan ikan buatan yang terbuat dari timah yang sering di sebut metal jig, agar umpan tersebur terlihat seperti ikan yang ketakutan atau ikan yang terluka oleh sebab itu harus terus menerus digerakan. Teknik tersebut efektif untuk mendapatkan ikan2 besar meskipun tidak menutup kemungkinan ikan2 sedang bahkan kecilpun bisa kita dapat dengan teknik tersebut. Ada beberapa teknik dasar jigging antara lain :

Regular / Flat-Side
Setelah jig tersebut dijatuhkan ke kedalaman yang diinginkan, ujung joran menghadap ke bawah. Dengan gerakan melingkar ke atas, ujung batang akan diangkat pada kenaikan pada pegangan reel dan diturunkan di mengikuti rotasi gulungan reel. Ketika posisi tangan kita menggulung ke atas posisi ujung juran juga keatas demikian sebaliknya dan di lakukan terus menerus. Ketika melakukan rotasi posisi gagang joran agak longgar di bawah ketiak. Jarak di mana ujung batang bergerak dari atas ke bawah adalah sekitar 10 sampai 20 inci tergantung pada aksi diinginkan dan kecepatan gulungan. Teknik ini akan bekerja pada cepat atau lambatnya kita menggulung reel yang berakibat pada bagaimana metal jig bereaksi.


Butterfly / Long
Teknik Butterfly jigging memberikan godaan yang sangat produktif dan bekerja dengan baik dibandingkan teknik jigging standar sebelumnya.Teknik ini memerlukan bagian belakang joran di posisikan longgar di bawah ketiak Anda tergantung pada cara menggulung reel anda. Setelah jig mencapai kedalaman yang diinginkan, ujung batang menghadap ke bawah. Dengan gerakan menyentak ke atas sampai ujung joran di posisi jam 11. Setelah sampai di sana, tunggu senar / pe dari yang tadinya kendor mengencang kembali lalu gulung reel sambil diikuti gerakan joran ke bawah hingga sampai ke posisi awal kemudian ulangi seperti telah dijelaskan sebelumnya. Anda dapat mengatur kecepatan mengambil tergantung pada bagaimana metal jig bereaksi sesuai yang anda inginkan. Terus terang teknik ini sangat saya sukai karena tidak memerlukan tenaga yang sangat besar sehingga bisa di gunakan oleh segala usia. Teknik tersebut bisa juga menggunakan selain metal jig yaitu inchiku.
Berikut ilustrasi teknik jigging berkaitan dengan berat metal jig, sasaran ikan dan kedalamannya